Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Follow Budayakan membaca sebelum bertanya, malu bertanya sesat di jalan

Biosfer

 

Amatilah infografis di atas! Dapatkah kalian menemukan fauna yang terdapat di daerah kalian? Bagaimana kondisi fauna yang terdapat di daerah kalian? Untuk memahami tentang biosfer dan manfaatnya bagi kehidupan bacalah cerita singkat di bawah ini!

Keanekaragaman Hayati Indonesia

Keanekaragaman hayati merupakan semua jenis mahluk hidup yang ada di bumi, termasuk tumbuhan, hewan, dan mikroba. Semua unsur keanekaragaman hayati saling berhubungan dan membutuhkan sehingga membentuk sistem kehidupan. Eksistensi keanekaragaman hayati merupaka hal penting bagi kehidupan manusia dan bumi.

Kepunahan keanekaragaman hayati menjadi ancaman dan bencana lingkungan hidup bagi manusia. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, terdapat 1.500 jenis alga, 80.000 jenis tumbuhan berspora (jamur), 595 jenis lumut kerak, 2.197 jenis pakupakuan serta 30.000–40.000 jenis flora tumbuhan berbiji (15,5% dari total jumlah flora di dunia). Keanekaragaman fauna Indonesia 8.157 jenis fauna vertebrata (mamalia, burung, herpetofauna, dan ikan) dan 1.900 jenis kupu-kupu (10% dari jenis dunia).


 Posisi geografis Indonesia juga menyebabkan kekayaan flora dan fauna endemik. Akan tetapi, semua keanekaragaman hayati tersebut saat ini mengalami ancaman kerusakan dan kepunahan. Aktivitas manusia melalui alih fungsi lahan, pembangunan infrastruktur seperti jalan, pemukiman, dan industri menjadi ancaman kepunahan keanekaragaman hayati.“

Sumber artikel: Widjaja, E. A., Rahayuningsih, Y., Rahajoe, J. S., Ubaidillah, R., Maryanto, I., Walujo, E. B., & Semiadi, G. (Eds.). (2014). Kekinian keanekaragaman hayati Indonesia, 2014. LIPI Press.


Ketika kalian membaca cerita di atas, hal apa yang bisa kalian renungkan? Biosfer secara sederhana dapat dipahami sebagai mahluk hidup yaitu tumbuhan, hewan, dan mikroba yang terdapat di bumi. Beberapa aspek penting dari biosfer adalah keanekaragaman hayati, ekosistem (interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya), biota (flora dan fauna yang terdapat di suatu daerah) dan bioma (ekosistem besar di suatu wilayah yang terdiri atas flora dan fauna yang membentuk karakteristik, seperti vegetasi).

Terdapat berbagai macam jenis bioma yaitu bioma hutan tropis, bioma  tundra, bioma sabana, bioma hutan bakau, bioma stepa, bioma gurun, bioma hutan lumut dan masih banyak lagi. Semua aspek penting dari biosfer dipengaruhi oleh kondisi iklim, cuaca, curah hujan, intensitas sinar matahari, suhu, angin, manusia dan masih banyak lagi. Bagi manusia, biosfer memiliki peran yang sangat penting seperti halnya sfera yang lain. Eksistensi umat manusia juga dipengaruhi oleh kondisi biosfer. Namun, aktivitas manusia juga memberikan ancaman bagi kerusakan biosfer. Menurut kalian aktivitas manusia seperti apa yang dapat merusak biosfer? Tulis pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Biosfer"