Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Follow Budayakan membaca sebelum bertanya, malu bertanya sesat di jalan

Pengantar Ilmu Geografi

 

Coba amati baik-baik dua gambar di bawah ini! 

Dapatkah kalian melihat di mana kejadian pada gambar 1 terjadi?

Gambar 1. Banjir Rob


Gambar 2. Banyaknya tiang internet

 Menurut kalian, mengapa kejadian pada gambar 2 dapat terjadi?  Apa yang dapat kita lakukan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik?


Gambar 3. Dagang Es

Kapan bulan yang baik dan waktu yang tepat bagi dagang es menjual dagangannya?

Beragam contoh keseharian tersebut merupakan gambaran interaksi manusia dan alam yang menjadi salah satu kajian dalam ilmu geografi. Oleh karena itu, pengetahuan manusia tentang alam lingkungan di tempattempat tertentu, termasuk perbedaan dan persamaannya, dapat dikatakan sebagai pengetahuan geografis.

Jadi, dapat dikatakan, sejak dahulu setiap orang memiliki pengetahuan tentang geografi. Mereka hanya tidak mengetahui pengetahuan yang mereka miliki adalah pengetahuan geografis. Sebagai contoh, berbagai kearifan lokal tentang mitigasi bencana yang terdapat di Nusantara menunjukkan bahwa manusia telah belajar dengan alamnya. Manusia baru menyadari pengetahuan tersebut adalah geografi setelah mereka mendapatkannya secara formal di sekolah. Ketika di bangku SD dan SMP, kalian pernah belajar tentang Ilmu geografi. Beberapa topik telah kalian pelajari. Nah, dapatkah kalian mencari contoh kearifan lokal di daerah kalian yang menunjukkan bagaimana masyarakat telah berupaya menjaga kelestarian alam dan menghindari dampak dari bencana?


Dalam perkembangan selanjutnya, geografi dikategorikan sebagai ilmu karena diselenggarakan secara sistematis. Sebagai sebuah ilmu, geografi tidak hanya memberikan gambaran tentang bumi tetapi juga kegiatan lebih lanjut seperti penelitian dan analisis, baik dari segi fisik maupun sosial. Selanjutnya, untuk mempelajari hubungan timbal balik antara bumi dan manusia, ilmuwan geografi melakukan penelitian geografi. Hal ini tidak hanya terfokus pada penampakan yang terlihat dari luar, tetapi juga sampai pada pertanyaan: Mengapa benda-benda yang kita lihat membentuk suatu pola kesatuan? Mengapa dan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan?

Pada bagian ini, kalian akan belajar mengenai asal-usul, pendekatan, konsep, penelitian geografi, maupun beberapa topik yang menjadi obyek dalam ilmu geografi. Sesungguhnya, dalam kehidupan sehari-hari, kalian telah belajar geografi. Geografi adalah ilmu yang aktual dan melekat dalam kehidupan manusia.


1. Perkembangan Ilmu Geografi

Berdasarkan asal-usulnya, ilmu geografi termasuk ilmu yang tua. Geografi muncul sejak abad ke-300 SM ketika bangsa Yunani melalui Eratosthenes, memperkenalkan geografi sebagai gambaran atau tulisan permukaan bumi (Maryani, 2006). Secara etimologis, dalam bahasa Yunani kata geografi berasal dari kata “geo” yang berarti bumi dan “graphia” berarti gambaran. Dengan demikian, geografi didefinisikan sebagai studi tentang tempat dan hubungan antara manusia dan lingkungannya. Beberapa tokoh seperti Aristoteles, Strabo, Ptolemeus, dan Herodotus kemudian mengembangkan ilmu geografi. Bahkan Ptolomeus, yang juga dikenal sebagai ahli matematika dan astronomi, merupakan orang yang pertama kali mengenalkan peta.

Perkembangan ilmu geografi seiring dengan sejarah manusia untuk mengenal lingkungan dan wilayah yang lain. Ahli geografi mempelajari sifat fisik permukaan bumi maupun masyarakat manusia yang tersebar di atasnya. Mereka juga meneliti interaksi budaya manusia dengan lingkungan alam, serta dampak lokasi dan tempat tinggal pada manusia. Geografi berupaya memahami ruang dan tempat suatu obyek ditemukan, proses dan alasan keberadaan obyek itu di suatu tempat, serta perkembangan dan perubahannya seiring waktu.

Pada Abad Pertengahan, ilmu geografi juga dikembangkan oleh bangsa Arab yaitu oleh Idrisi, Ibnu Battutah, dan Ibnu Khaldun. Mereka melakukan perjalanan ke berbagai penjuru negeri yang bertujuan meningkatkan pengetahuan mereka tentang dunia. Dalam salah satu karyanya, Travels in Asia and Africa 1325-1354, Ibnu Battutah mendeskripsikan bentang alam lingkungan yang ia kunjungi, sekaligus aspek budaya, ekonomi, dan politik suatu masyarakat. Di akhir Abad Pertengahan, Marco Polo, seorang penjelajah asal Italia, telah mendokumentasikan perjalanannya ke berbagai penjuru negeri Asia hingga sampai ke Cina melalui jalur sutera. Karya Marco Polo tersebut membangkitkan minat mempelajari geografi di luar dunia Muslim. Beberapa wilayah di Nusantara pernah menjadi daerah persinggahan Ibnu Battutah dan Marco Polo.

Perkembangan ilmu geografi juga seiring dengan Abad Renaisans di Eropa yang mendorong keinginan untuk menjelajahi bagian dunia yang belum diketahui. Perjalanan tersebut nantinya mengarah pada penjelajahan untuk penemuan-penemuan besar.

Di Nusantara, perkembangan ilmu geografi diperkenalkan oleh Alfred Russel Wallace, naturalis asal Inggris. Wallace menjelajahi Malaka, Singapura, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Ambon, hingga Papua pada tahun 1854–1862. Kisah perjalanan Wallace kemudian diterbitkan pada 1869 dengan judul The Malay Archipelago. Buku tersebut mendokumentasikan keanekaragaman hayati di Nusantara. Tokoh yang dikenal dengan bapak biogeografi ini kemudian memperkenalkan teori Garis Wallace, garis imajiner yang mengelompokkan flora dan fauna berdasarkan wilayah di Indonesia. Perkembangan geografi juga sejalan dengan berbagai penemuan teknologi seperti fotografi udara, sensor jarak, komputer, dan satelit yang membantu pemahaman manusia tentang peta dan pemetaan.

Beberapa ahli geografi, menjelaskan geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara alam dan manusia di permukaan bumi. Berdasarkan KBBI, geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi. Geografi menjelaskan sifat bumi melalui fenomena alam serta interaksi dengan manusia sebagai penghuninya. Ahli geografi mempelajari lanskap bumi, atmosfer, lingkungan alam, dan manusia. Geografi juga mengkaji perubahan dan proses kehidupan kumpulan manusia atau penduduk seiring dinamika yang terjadi pada bumi dalam rentang waktu yang panjang.

Perhatikan video berikut ini untuk menambah wawasan kenapa Geografi penting!


Pada video, terdapat pernyataan Geografi adalah Travel Guide saat kita pergi ke segala tempat. Apa artinya?

Berdasarkan penjelasan materi di atas, bagaimana seharusnya hubungan manusia dengan lingkungannya? 


TUGAS GEOGRAFI

Petunjuk:

1. Jawablah semua pertanyaan yang bercetak tebal!

2. Buatlah jawabannya pada buku tulis sesuai kesepakatan.

3. Ketua kelas kumpulkan pekerjaan teman dan letakkan di meja Ruang Guru.

Posting Komentar untuk "Pengantar Ilmu Geografi"