Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Follow Budayakan membaca sebelum bertanya, malu bertanya sesat di jalan

XI 3.6 (F) Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Ekonomi Kreatif


Keberadaan budaya tradisional dapat diketahui dari berbagai jenis produk kebudayaan yang dapat kita jumpai. Kekayaan alam dan budaya di Indonesia sangat beranekaragam, hal tersebut menjadi sebuah potensi dalam bidang pariwisata. Selain keindahan alam Indonesia, budaya tradisional juga dapat dijadikan sebagai potensi untuk meningkatkan bidang pariwisata, misalnya dalam pengembangan ekonomi kreatif. Ekonomi Kreatif sebenarnya adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas, yang mana pembangunan berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Dengan kata lain, ekonomi kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara maju dan juga menawarkan peluang yang sama untuk negara-negara berkembang. Konsep Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Industri kreatif ini dapat memberikan kontribusi dibeberapa aspek kehidupan, tidak hanya ditinjau dari sudut pandang ekonomi semata, tetapi juga dapat memberikan dampak positif kepada aspek lainnya seperti peningkatan citra dan identitas bangsa, menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak bangsa, merupakan industri yang menggunakan sumber daya yang terbarukan, serta dampak social yang positif. Secara umum, alasan kuat mengapa industri kreatif ini perlu dikembangkan, karena sektor industri kreatif ini memiliki kontribusi ekonomi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, dapat menciptakan iklim bisnis yang positif, dapat memperkuat citra dan identitas bangsa Indonesia, mendukung pemanfaatan sumber daya yang terbarukan, merupakan pusat penciptaan inovasi dan pembentukan kreativitas, dan memiliki dampak social yang positif.


Lebih rinci bidang- bidang apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup ekonomi kreatif di Indonesia adalah sebagai berikut :

 Ruang Lingkup Ekonomi Kreatif 


a) Aplikasi dan Pengembang Permainan

Masyarakat sudah fasih menggunakan berbagai jenis aplikasi digital seperti peta atau navigasi, media sosial, berita, bisnis, musik, penerjemah, permainan dan lain sebagainya. Berbagai aplikasi tersebut didesain supaya mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Maka tak heran jika potensi subsektor aplikasi dan pengembang permainan sangat besar. Aplikasi tersebut saat ini banyak di pakai pada smartphone oleh masyarakat.


b) Arsitektur

Peran arsitektur di Indonesia sangatlah penting. Dalam hal budaya, keanekaragaman arsitektur lokal dan daerah menunjukkan karakter Bangsa Indonesia yang mempunyai beraneka ragam budaya. Sedangkan dalam hal pembangunan, arsitektur juga berperan dalam merancang dasar pembangunan sebuah kota. Karena potensinya yang sangat besar. Para arsitek pun saat ini mulai memunculkan inovasi produk arsitektur yang menyiratkan karakter budaya dan kearifan lokal.


c) Desain Interior

Selama dua dekade terakhir ini, perkembangan sub sektor desain interior menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Masyarakat mulai mengapresiasi estetika ruangan secara lebih baik. Penggunaan jasa desainer interior untuk merancang estetika interior hunian, hotel, dan perkantoran pun semakin meningkat. Sudah jelas bahwa potensi ekonomi dari industri desain interior sangat menjanjikan.


d) Desain Komunikasi Visual

Desain Komonikasi Visual punya peran yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis pengusaha swasta, pemilik merek, dan bahkan kelancaran program-program pemerintah. Potensi pasar domestik sangat menjanjikan, terutama dengan semakin banyaknya praktisi DKV lokal yang lebih memahami situasi pasar, pengetahuan, dan nilai-nilai lokal.


e) Desain Produk

Desain produk merupakan proses kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dengan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Tren sub sektor ini sangat positif. Dengan populasi penduduk yang didominasi oleh usia produktif, potensi terbentuknya interaksi antara pelaku industri dan pasar pun sangat besar. Ditambah lagi masyarakat dan pasar sekarang memiliki apresiasi terhadap produk yang berkualitas. Para desainer produk mampu menggali dan mengangkat kearifan lokal, kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam, dalam setiap karya-karyanya.


f) Fashion

Tren fashion senantiasa berubah dengan cepat. Dalam hitungan bulan, selalu muncul mode fashion baru. Ini tak lepas dari produktivitas para desainer fashion lokal yang inovatif merancang baju-baju model baru, dan munculnya generasi muda kreatif yang antusias dengan industri fashion ini. Masyarakat sebagai pasar pun juga semakin cerdas dan berselera tinggi dalam memilih fashion.


g) Film, Animasi, dan Video

Perfilman Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang positif. Para rumah produksi mulai berlomba-lomba menggenjot produktivitasnya menggarap film yang berkualitas dari segi cerita sekaligus menguntungkan secara komersial. Ini tak lepas dari potensi penonton Indonesia yang sangat besar dan bisa mengapresiasi film produksi lokal secara positif. Sub sektor ini memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik, walapun masih harus menghadapi berbagai tantangan.


h) Fotografi

Perkembangan subsektor fotografi yang cukup pesat tak lepas dari banyaknya generasi muda yang sangat antusias belajar fotografi. Tak sedikit pula dari mereka yang kemudian memutuskan terjun di bidang ini sebagai profesional. Masyarakat pun memberikan apresiasi yang positif terhadap dunia fotografi.


i) Kriya

Seni kriya merupakan salah satu sub sektor yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia dan sangat dekat dengan industri pariwisata. Dilihat dari materialnya, kriya meliputi segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Ketersediaan bahan baku material yang berlimpah dan kreativitas para pelaku industri menjadi faktor utama majunya subsektor ini.

Indonesia memiliki banyak pelaku seni kriya yang kreatif dan piawai dalam berbisnis. Bisnis kriyanya pun beragam. Banyak dari mereka berhasil memasarkan produknya sampai ke pasar luar negeri. Produk-produk kriya Indonesia terkenal dengan ‘buatan tangan’-nya, dan memanfaatkan hal tersebut sebagai nilai tambah sehingga bisa dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi. Sebagai lembaga pemerintah,


j) Kuliner

Sub sektor kuliner memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Industri kuliner mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang, oleh karena itu pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju.

Beberapa pelaku industri kuliner melihat ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dikelola secara lebih serius. Salah satu di antaranya adalah perlunya akses perizinan usaha melalui satu pintu sehingga lebih mudah dan efektif. Para pebisnis kuliner baru sebaiknya mendapatkan panduan dari pemerintah, bisa dari pelatihan bisnis, informasi perizinan, sampai pada pendampingan hukum dalam proses pendirian usaha. Misalnya, nama toko yang bisa kalian buat adalah "Babi Guling Bumbu Liak"


k) Musik

Musik merupakan industri cukup menjanjikan dalam dunia showbiz. Besarnya minat dan antusiasme para musisi muda untuk terjun ke dalam bidang ini menunjukkan bahwa musik punya potensi menjadi industri yang lebih besar. Bekraf optimistis menempatkan musik sebagai salah satu sub sektor yang akan dikelola secara lebih maksimal.


l) Penerbitan

Pasar industri penerbitan memang tidak sebesar sub sektor yang lain, namun industri ini punya potensi yang tak kalah kuat. Banyak penerbitan besar dan kecil yang masih bermunculan meramaikan industri ini. Ditambah lagi perkembangan teknologi yang memungkinkan buku diterbitkan dalam bentuk digital.


m) Periklanan

Periklanan adalah sub sektor ekonomi kreatif yang karyanya memiliki daya sebar paling tinggi. Hal ini tak lepas dari peran sinergi para pemilik modal yang ingin memasarkan produk dan jasa mereka dengan media yang dimanfaatkan. Sampai saat ini, iklan masih menjadi medium paling efisien untuk memublikasikan produk dan jasa. Potensi industri ini pun tak perlu diragukan lagi. Pertumbuhan belanja iklan nasional bisa mencapai 5-7% setiap tahunnya. Ditambah lagi, iklan mempunyai soft power berperan dalam membentuk pola konsumsi, pola berpikir, dan pola hidup masyarakat. Oleh karena itu sangat penting apabila subsektor ini dikuasai oleh SDM lokal.


n) Seni Pertunjukan

Indonesia mempunyai kekayaan dan keanekaragaman seni dan tradisi pertunjukan, seperti wayang, teater, tari, dan lain sebagainya. Seni pertunjukan dari masing-masing daerah sudah tersebar secara sporadis ke seluruh wilayah di Indonesia. Banyaknya jumlah seni pertunjukan baik tradisi maupun kontemporer yang selama ini dikreasikan, dikembangkan, dan dipromosikan, telah mendapatkan apresiasi dunia international.


o) Seni Rupa

Industri seni rupa dunia sedang memusatkan perhatiannya ke Asia Tenggara. Indonesia pun tak luput dari perhatian mereka. Di mana Indonesia mempunyai potensi terbesar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas, dan potensi pasar. Seni rupa Indonesia juga sudah memiliki jaringan yang sangat kuat baik dalam negeri ataupun di luar negeri. Berbagai festival seni rupa diadakan secara rutin. Sudah ada empat perhelatan seni rupa yang reputasinya diakui secara internasional. Mereka adalah Jogja Biennale, Jakarta Biennale, Art Jog, dan OK Video Festival. Bahkan sudah lebih dari 160 pelaku kreatif seni rupa Indonesia terlibat dalam forum dan acara internasional. Melihat potensi yang sangat besar ini, Bekraf antusias untuk memberikan dukungan sesuai dengan kewenangannya sebagai lembaga pemerintah.


p) Televisi dan Radio

Meskipun tidak semuktahir ponsel dan gawai lainnya, televisi dan radio masih mempunyai peran yang sangat besar dalam penyebaran informasi. Saat ini, kepemilikan televisi dan radio sudah merata, sehingga setiap lapisan masyarakat bisa mengakses teknologi ini.

Pertumbuhan jumlah stasiun televisi dan stasiun radio pun masih terus bertambah.

Namun, pertumbuhan dan potensi tersebut belum disertai dengan tayangan televisi yang berkualitas. Mayoritas program televisi, karena mengejar rating tinggi, tak lagi memperhatikan kualitas program yang ditayangkan. Industri ini kekurangan rumah produksi dan SDM yang bisa merancang program-program berkualitas.



[TUGAS DAN LEMBAR KERJA]

Petunjuk:

a. Baca materi di atas!

b. Ceritakan satu rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan idemu sendiri!

c. Buat pada kolom komentar.

d. Jangan lupa isi identitas Nama, No, dan Kelas.

63 komentar untuk "XI 3.6 (F) Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata"

  1. Nama : Ni Ketut Ayu Pinarsih
    No. : 24
    Kelas : XI IPS 2

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah dengan Craft (Kerajinan) dimana para pengrajin bisa memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam usaha kerajinan. Walaupun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif. Disinilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas. Jika para pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka bisa dipastikan kerajinan dari Indonesia bisa mendunia nantinya.

    BalasHapus
  2. NAMA : NI PUTU TIA WINANDA
    NO : 28
    KELAS : XI IPS²

    *JAWABAN *

    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

    Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif.

    Setelah beberapa waktu sebelumnya dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

    Karakteristik Ekonomi Kreatif
    Tercatat beberapa hal yang menjadi karakteristik dari ekonomi kreatif yaitu:

    Diperlukan kolaborasi antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif yakni cendekiawan “kaum intelektual” dunai usaha, dan pemerintah yang merupakan prasyarat mendasar.
    Berbasis pada ide atau gagasan.
    Pengembangan tidak terbatas dalam berbagai bidang usaha.
    Konsep yang dibangun bersifat relatif.

    Manfaat Ekonomi Kreatif


    Tempat-tempat, dan kota-kota yang mampu menciptakan produk-produk baru yang inovatif dan kreatif tercepat akan menjadi pemenang di era-ekonomi kreatif ini. Ramalan Richard Florida (2004) ini kian hari terlihat semakin nyata, termasuk di Indonesia. Kita dapat melihat bagaimana perkembangan kota Solo dengan Wisata Kuliner, Pasar Seni/Barang Antik dan pertunjukan Seni berbasis Budaya, kota Bandung dengan distro atau factory outletnya, kota Jember dengan Jember Fashion Festivalnya atau bagaimana kota Bangkok mengemas potensi wisata “Chao Praya River” yang sesungguhnya, dari yang “biasa-biasa saja” menjadi sesuatu yang“luar biasa”, dimana pada setiap pemberhentian jalur sungai, diberi sentuhan kreatifitas dan inovasi, menjelma menjadi destinasi wisata yang berperan sentral dalam menggerakkan ekonomi masyarakat lokal Thailand, dengan beragam produk kerajinan, pertunjukan seni, dan event-event lainnya.

    beberapa alasan mengapa industri kreatif perlu dikembangkan di Indonesia, antara lain :

    Memberikan kontibusi ekonomi yang signifikan.
    Menciptakan iklimbisnis yang positif.
    Membangun citra dan identitas bangsa.
    Berbasis kepada sumber daya yang terbarukan.
    Menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa.
    Memberikan dampak sosial yang positif.

    Misi ekonomi kreatif:

    Peningkatan kontribusi industri kreatif terhadap pendapatan dommestik Bruto Indonesia.
    Peningkatan ekspor nasional berbasis kreativitas dan muatan lokal dengan semangat kontemporer.
    Peningkatan serapan tenaga kerja sebagai dampak terbukannya lapangan kerja baru di industri kreatif.
    Peningkatan jml perusahaan berdaya saing tinggi yang bergarak di industri kreatif.
    Penguatan pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan bagi bumi dan generasi mendatang.
    Penciptaan nilai ekonomis dari inovasi kreatif, termauk yang berlandaskan kearifan dan warisan budaya nusantara.
    Pertumbuhkembangkan kawasan kreatif yang potensial di wilayah Indonesia.
    Penguatan citra kreatif produk/jasa sebagai upaya ‘Nasional Branding’ atau pencitraan negara Indonesia di mata dunia Internasional.

    BalasHapus
  3. Nama: Ni Luh Made Arisintya Wulandari
    No :25
    Kelas: Xl ips2
    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah seni Rupa.Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  4. Nama:ikadek Juliana Putra
    No:11
    Kls :xi IPS 2

    Potensi budaya sebagai ekonomi kreatif adalah dari segi ekonomi kreatif,produk kerajinan dalam bentuk sourvenir dapat terjual.sementara dari sektor wisata,wisatawan memperoleh suatu memorabilla mengenai daerah wisata tersebut konekvitas antara ekonomi kreatif dan wisata dapat berbentuk outlet,penjualan yang terletak di daerah wisata dengan kata lain,wisata menjadi venue bagi ekonomi kreatif untuk proses produksi,distribusi,sekaligus dalam hal pemasaran

    BalasHapus
  5. Nama : Ni Komang Rian Melani
    Nomer :26
    Kelas :XIps1

    Ekonomi kreatif adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kretivitas.
    Jadi rencana pengembangan budaya lewat ekonomi reatif bedasarkan ide saya adalah seni rupa murni atau (fine art),dimana orang bisa memasukan konsep ekonomi kreatif dalam seni rupa murni.
    Walaupun di bali seni rupa murni belum bisa di produksi dalam jumbah banyak.hal tesebut tidak menjadi penghalang bagi para seni rupa yg memakai konsep ekonomi kreatif.dan di sinilah di butuhkan sumber daya manusia yg memiliki kemampuan berfikir dan memiliki ide untuk membuat seni rupa murni seperti patung,lukisan,ukiran dan lain-lain yg berkualitas dan memiliki daya tarik yg tinggi.

    BalasHapus
  6. Nama: I KADEK WIDIADNYANA
    No: 13
    Kls: XI IPS 2

    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah seni rupa. Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini kedalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  7. Nama : Putu Oppy Okta Widiastuti
    No : 29
    Kelas : XI ips 2

    Ekonomi kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
    Jadi rancangan pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah kuliner.

    Di sekitar sekolah khususnya di kota besar pasti bersebelahan dengan Franchise atau  warabala yang memuat berbagai jenis bentuk seperti  restoran, kedai kopi atau Coffee House, stan Food Court di Mall, atau  bahkan Fast Food Restaurant di sekitar sekolah.

    Yang perlu diingat adalah bahwa di dalam industri kreatif akan ada muncul unsur kreativitas pemilik waralaba di dalam menjual berbagai jenis produk yang ditawarkan. Khusus untuk kuliner, mereka akan menjual makanan atau minuman yang unik dengan paduan rasa, bentuk penyajian, tempat yang kreatif yang memunculkan rasa ketagihan akan kenikmatan makanan atau minuman, serta tempat yang nyaman karena kelengkapan fasilitas yang kekinian untuk dapat membuat pelangannya menjadi lebih lama di waralabanya.

    BalasHapus
  8. Nama : Ni Kadek Maheni
    No. : 23
    Kls. : Xl ips 2
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

    Buktinya pertumbuhan sektor ekonomi ini sudah meningkat hingga 5,76% dibandingkan sektor pertambangan dan penggalian, listrik, pertanian, dan sektor lainnya. Jika terus begini sektor perekonomian di Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan akhirnya mendunia.

    Manfaat Ekonomi Kreatif
    Setelah membahas pengertian ekonomi kreatif dan contoh usahanya selanjutnya ada manfaat dari ekonomi kreatif. Berikut adalah manfaatnya.

    1. Menciptakan lapangan kerja baru
    2. Membuat masyarakat menjadi lebih kreatif
    3. Mengurangi angka pengangguran
    4. Meningkatkan inovasi di berbagai bidang
    5. Menciptakan kompetisi bisnis yang lebih sehat

    BalasHapus
  9. Nama : I Kadek Bawa Pebri Kusuma
    Nomor : 04
    Kelas : XI IPS1

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

    Buktinya pertumbuhan sektor ekonomi ini sudah meningkat hingga 5,76% dibandingkan sektor pertambangan dan penggalian, listrik, pertanian, dan sektor lainnya. Jika terus begini sektor perekonomian di Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan akhirnya mendunia.

    BalasHapus
  10. Nama I Kadek Wahyu Sudiastawan
    No 06
    Kls XI IPS 1

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

    BalasHapus
  11. Nama : i kadek wirayuda
    No :07
    Kls :XI ips1



    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    BalasHapus
  12. Nama: Ni Kadek Nita Juniari
    No :23
    Kls : XI ips1
    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

    Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif.
    Setelah beberapa waktu sebelumnya dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi

    BalasHapus
  13. Nama: Ni Ketut Nopa Tiara Dewi
    No. : 25
    Kelas : XI. Ips1


    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan budaya lewat Ekonomi Kreatif berdasarkan ide saya adalah 'Desa Wisata'

    Sebagai suatu potensi baru di tengah tren pariwisata modern, pencarian objek wisata yang unik dan beragam mengakibatkan daerah-daerah baru, kawasan pedalaman, atau desa-desa tradisional tidak luput dari sasaran kunjungan wisatawan. Saat ini, desa wisata dipandang menyimpan pesona yang unik dalam bentuk kehidupan sehari-hari di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Inilah yang menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan yang biasa berhadapan dengan kehidupan modern perkotaan.

    Desa wisata memiliki corak pengembangan pariwisata melalui creative tourism dalam hal ini adalah industri ekonomi kreatif. Desa wisata juga terlihat mampu menghasilkan beberapa produk ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, makanan dan minuman, seni pertunjukan, dan arsitektur pedesaan. Menurut Pariwisata Inti Rakyat dalam Hadiwijoyo (2012:68), yang dimaksud dengan Desa Wisata adalah suatu kawasan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian perdesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, memiliki arsitektur bangunan dan struktur tata ruang desa yang khas, atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan, misalnya atraksi, akomodasi, makanan minuman, dan kebutuhan wisata lainnya.
    Konsep pariwisata, sejatinya didefinisikan dengan tiga faktor, diantaranya something to see, something to do, dan something to buy. Dalam ketiga komponen tersebut, ekonomi kreatif menjadi bagian dari something to buy karena pariwisata menghasilkan produk-produk kreatif khas daerah yang dianggap unik dan bernilai prestige. Sebagian anggapan, banyak wisatawan yang menempatkan produk ekonomi kreatif dari destinasi wisata memberikan ‘kenangan’ pada wisatawan sehingga memungkinkan untuk datang kembali.

    BalasHapus
  14. Nama:Ni Kadek Purnama Santiari
    Kelas:Xl ips1
    Nomer:24


    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  15. Nama:Ni Kd Apriliani Dewi
    No:22
    Kls: XI IPS1
    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan budaya lewat Ekonomi Kreatif berdasarkan ide saya adalah 'Desa Wisata'
    Sebagai suatu potensi baru di tengah tren pariwisata modern, pencarian objek wisata yang unik dan beragam mengakibatkan daerah-daerah baru, kawasan pedalaman, atau desa-desa tradisional tidak luput dari sasaran kunjungan wisatawan. Saat ini, desa wisata dipandang menyimpan pesona yang unik dalam bentuk kehidupan sehari-hari di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Inilah yang menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan yang biasa berhadapan dengan kehidupan modern perkotaan.

    Desa wisata memiliki corak pengembangan pariwisata melalui creative tourism dalam hal ini adalah industri ekonomi kreatif. Desa wisata juga terlihat mampu menghasilkan beberapa produk ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, makanan dan minuman, seni pertunjukan, dan arsitektur pedesaan. Menurut Pariwisata Inti Rakyat dalam Hadiwijoyo (2012:68), yang dimaksud dengan Desa Wisata adalah suatu kawasan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian perdesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, memiliki arsitektur bangunan dan struktur tata ruang desa yang khas, atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan, misalnya atraksi, akomodasi, makanan minuman, dan kebutuhan wisata lainnya.
    Konsep pariwisata, sejatinya didefinisikan dengan tiga faktor, diantaranya something to see, something to do, dan something to buy. Dalam ketiga komponen tersebut, ekonomi kreatif menjadi bagian dari something to buy karena pariwisata menghasilkan produk-produk kreatif khas daerah yang dianggap unik dan bernilai prestige. Sebagian anggapan, banyak wisatawan yang menempatkan produk ekonomi kreatif dari destinasi wisata memberikan ‘kenangan’ pada wisatawan sehingga memungkinkan untuk datang kembali.

    BalasHapus
  16. Nama : Ni Luh Rika Sugiantari
    No : 27
    Kls : XI.IPS1


    Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Dengan kata lain, ekonomi kreatif juga manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara maju dan juga menawarkan peluang yang sama untuk negara-negara berkembang. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah dengan Periklanan (advertising) dimana para pembuat periklanan bisa memasukkan konsep ekonomi kreatif/ide dalam usaha periklanan ( advertising) tersebut.
    Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa periklanan, yakni komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu. Meliputi proses kreasi, operasi, dan distribusi dari periklanan yang dihasilkan, misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye relasi publik. Selain itu, tampilan periklanan di media cetak (surat kabar dan majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan media reklame sejenis lainnya, distribusi dan delivery advertising materials or samples, serta penyewaan kolom untuk iklan. Disinilah dibutuhkan sumber daya manusia yg memiliki kemampuan dan ide kreatif untk menciptakan periklanan yang bagus dan menarik di mata masyarakat.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama: Ni kadek dinda dwi lestari
    No: 22
    Kelas: Xl ips²
    Periklanan
    Periklanan adalah sub sektor ekonomi kreatif yang karyanya memiliki daya sebar paling tinggi. Hal ini tak lepas dari peran sinergi para pemilik modal yang ingin memasarkan produk dan jasa mereka dengan media yang dimanfaatkan. Sampai saat ini, iklan masih menjadi medium paling efisien untuk memublikasikan produk dan jasa.Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri.Periklanan ini bisa dijadikan sebagai ajang para pelaku ekonomi kreatif untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Pembuatan iklan ini tidak hanya memuat ide kreatif saja, tetapi juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.

    Periklanan ini bisa dilakukan melalui media elektronik seperti smartphone, radio, dan televisi maupun dari media cetak seperti surat kabar dan majalah. Dengan memasukkan konsep ekonomi kreatif ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan lebih menarik pastinya

    BalasHapus
  19. Nama: Made Oka Suryadanendra
    No: 22
    Kelas: XI IPS 2

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  20. Nama: I Putu Ditya Ariesannya Baskara
    No: 17
    Kelas: XI Ips 2

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah (Musik) salah satu karya seni yang tercipta berdasarkan ide seseorang. Industri musik selalu berkembang dan penikmatnya pun silih berganti. Tren musik selalu berbeda setiap tahun bahkan bulan. Hal ini secara tidak langsung membuat para seniman musik harus bisa menyesuaikan jika ingin kiprahnya tetap ada.

    BalasHapus
  21. Nama: i gede Wira nata
    No. : 06
    Kls. : Xl IPS 2

    Potensi budaya sebagai ekonomi kreatif adalah dari segi ekonomi kreatif,produk kerajinan dalam bentuk sourvenir dapat terjual.sementara dari sektor wisata,wisatawan memperoleh suatu memorabilla mengenai daerah wisata tersebut konekvitas antara ekonomi kreatif dan wisata dapat berbentuk outlet,penjualan yang terletak di daerah wisata dengan kata lain,wisata menjadi venue bagi ekonomi kreatif untuk proses produksi,distribusi,sekaligus dalam hal pemasaran.
    Jadi rencana pengembangan budaya lewat ekonomi reatif bedasarkan ide saya adalah seni rupa murni atau (fine art),dimana orang bisa memasukan konsep ekonomi kreatif dalam seni rupa murni.
    Walaupun di bali seni rupa murni belum bisa di produksi dalam jumbah banyak.hal tesebut tidak menjadi penghalang bagi para seni rupa yg memakai konsep ekonomi kreatif.dan di sinilah di butuhkan sumber daya manusia yg memiliki kemampuan berfikir dan memiliki ide untuk membuat seni rupa murni seperti patung,lukisan,ukiran dan lain-lain yg berkualitas dan memiliki daya tarik yg tinggi.

    BalasHapus
  22. Nama : I Putu Nova Arta Wiguna
    No. : 18
    Kelas : XI IPS 2

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah (Arsitektur) Industri kreatif juga dapat diterapkan dalam bidang pembangunan atau arsitektur. Hal ini tentu saja banyak diminati oleh milenial yang ingin mempunyai konsep rumah hunian yang unik. Hal ini juga tidak untuk membangun rumah saja, dalam industri kreatif ini bisa dimasukkan dalam semua bidang terkait arsitektur lainnya seperti pembangunan taman kota, kegiatan teknik sipil, dan sebagainnya.

    BalasHapus
  23. Nama : i wayan murdiyasa
    No : 19
    kls : XI ips 1
    Menurut saya dan materi yang saya baca adalah, Pengembangan ekonomi kreatif yang dimaksud disini adalah
    pengembangan potensi produk berbasis kebudayaan lokal, yang oleh
    Koentjaraningrat disebut wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil
    karya manusia. Maka Indonesia yang memiliki keragaman budaya dengan
    segala hasil karyanya memiliki potensi besar mengingat ekonomi kreatif
    adalah sumber daya yang tidak terbatas karena modal utamanya adalah
    ide, gagasan, dan kreativitas.kontribusi pengembangan
    ekonomi kreatif dalam upaya mengangkat keragaman budaya di Indonesia,
    yang diharapkan juga dapat memperlihatkan bahwa keragaman budaya itu
    sebagai modal utama pembangunan bangsa yang telah dirumuskan dari
    awal lahirnya Indonesia, yang menurut Kong modal-modal tersebut perlu
    diturunkan menjadi kebijakan yang berdampak secara luas pada
    masyarakat. Kebijakan tersebut akan berpengaruh secara langsung pada
    pembangunan masyarakat baik secara ekonomi maupun sosial.

    BalasHapus
  24. Nama : Ni Luh Putu Riska Juniarti
    No : 26
    Kelas : XI ips 2

    Ekonomi kreatif adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
    Jadi rancangan pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah kuliner.

    Di sekitar sekolah khususnya di kota besar pasti bersebelahan dengan Franchise atau  warabala yang memuat berbagai jenis bentuk seperti  restoran, kedai kopi atau Coffee House, stan Food Court di Mall, atau  bahkan Fast Food Restaurant di sekitar sekolah.

    Yang perlu diingat adalah bahwa di dalam industri kreatif akan ada muncul unsur kreativitas pemilik waralaba di dalam menjual berbagai jenis produk yang ditawarkan. Khusus untuk kuliner, mereka akan menjual makanan atau minuman yang unik dengan paduan rasa, bentuk penyajian, tempat yang kreatif yang memunculkan rasa ketagihan akan kenikmatan makanan atau minuman, serta tempat yang nyaman karena kelengkapan fasilitas yang kekinian untuk dapat membuat pelangannya menjadi lebih lama di waralabanya.

    BalasHapus
  25. Nama: I Wayan Suandana
    No. : 20
    Kls. : XI ips¹

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah dengan Craft (Kerajinan) dimana para pengrajin bisa memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam usaha kerajinan. Walaupun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif. Disinilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas. Jika para pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka bisa dipastikan kerajinan dari Indonesia bisa mendunia nantinya.

    BalasHapus
  26. nama: ikomang sila utomo sutradnyane
    no : 13
    kls :XI ips1

    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan budaya lewat Ekonomi Kreatif berdasarkan ide saya adalah 'Desa Wisata'

    Sebagai suatu potensi baru di tengah tren pariwisata modern, pencarian objek wisata yang unik dan beragam mengakibatkan daerah-daerah baru, kawasan pedalaman, atau desa-desa tradisional tidak luput dari sasaran kunjungan wisatawan. Saat ini, desa wisata dipandang menyimpan pesona yang unik dalam bentuk kehidupan sehari-hari di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Inilah yang menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan yang biasa berhadapan dengan kehidupan modern perkotaan.

    BalasHapus
  27. nama: i kadek krisna ari putra
    no:12
    kls: XI is 2

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah membuat cenel you tube dengan membuat cenel tentang kesenian bali dan teradisi teradisi di bali

    BalasHapus
  28. NAMA : I KETUT SRI PURNAWAN
    KLS : XI IPS 1
    NO : 11



    Ekonomi kreatif adalah gelombang ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Gelombang ekonomi baru ini mengutamakan intelektual sebagai kekayaan yang dapat menciptakan uang, kesempatan kerja, pendapatan, dan kesejahteraan. Inti dari ekonomi kreatif teretak pada indusri kreatif, yaitu Industi yang digerakkan oleh para kreator dan innovator. Rahasia eonomi kreatif terletak pada kreativitas dan keinovasian.

    Begitu juga di Indonesia. Saat ini, ekonomi kreatif selalu ramai apalagi setelah mengetahui betapa besarnya sumbangan industri ekonomi kreatif seperti seni, musik, fashion, dan periklanan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya, industri ekonomi kreatif ini merupakan hasil dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu.

    Industri ekonomi kreatif merupakan basis dari karakter dan simbol kehadiran Bangsa Indonesia di tengah pergaulan antar bangsa-bangsa di dunia. Dengan memperkuat struktur industri berbasis tradisi dan budaya, kekayaan intelektual dan warisan budaya bangsa dapat dilestarikan sebagai sumber inspirasi untuk menghasilkan produk-produk inovatif baru bernilai tambah dan berdaya saing tinggi dan umumnya berskala kecil menengah seperti industri rumah tangga.

    Namun perkembangan setelah itu, dimana kehidupan ekonomi umat manusia telah berubah seiring dengan berlangsungnya proses globalisasi ekonomi dan banyaknya temuan baru dibidang teknologi komunikasi dan informasi, telah mengiring peradaban manusia kedalam suatu arena interaksi sosial yang baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, dan hal itu sama sekali belum terdeteksi dalam kajian Toffler dan kawan-kawan.

    BalasHapus
  29. Nama;i kadek nova saputra
    No:05
    Kls:xi ips1.


    Potensi budaya sebagai ekonomi kreatif adalah dari segi ekonomi kreatif,produk kerajinan dalam bentuk sourvenir dapat terjual.sementara dari sektor wisata,wisatawan memperoleh suatu memorabilla mengenai daerah wisata tersebut konekvitas antara ekonomi kreatif dan wisata dapat berbentuk outlet,penjualan yang terletak di daerah wisata dengan kata lain,wisata menjadi venue bagi ekonomi kreatif untuk proses produksi,distribusi,sekaligus dalam hal pemasaran.
    Jadi rencana pengembangan budaya lewat ekonomi reatif bedasarkan ide saya adalah seni rupa murni atau (fine art),dimana orang bisa memasukan konsep ekonomi kreatif dalam seni rupa murni.
    Walaupun di bali seni rupa murni belum bisa di produksi dalam jumbah banyak.hal tesebut tidak menjadi penghalang bagi para seni rupa yg memakai konsep ekonomi kreatif.dan di sinilah di butuhkan sumber daya manusia yg memiliki kemampuan berfikir dan memiliki ide untuk membuat seni rupa murni seperti patung,lukisan,ukiran dan lain-lain yg berkualitas dan memiliki daya tarik yg tinggi.

    BalasHapus
  30. Nama:ikadek Bisma yoga w.
    No. :10
    Kelas: xi IPS 2


    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah dengan Craft (Kerajinan) dimana para pengrajin bisa memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam usaha kerajinan. Walaupun kerajinan biasa diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit, tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi para pengrajin untuk memakai konsep ekonomi kreatif. Disinilah dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif untuk menciptakan kerajinan yang berkualitas. Jika para pengrajin di Indonesia menerapkan hal ini maka bisa dipastikan kerajinan dari Indonesia bisa mendunia nantinya.

    BalasHapus
  31. nama : ikm darma hendra kusuma wibawa
    no: 15
    kls :XIips²

    Ekonomi kreatif merupakan proses penciptaan, kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa

    Jadi rencana pengembangan budaya lewat ekonomi keretif bedasarkan ide saya adalah seni rupa murni atau (fine art),dimana orang bisa memasukan konsep ekonomi kreatif dalam seni rupa murni.

    Walaupun di bali seni rupa murni belum bisa di produksi dalam jumbah banyak.tetapi itu bukan penghalang bagi para seniman ekonomi kereatif
    di sini lah yang sangat di perlukan sumber daya manusia agar memiliki ide untuk membuat seni rupa murni seperti patung,lukisan,ukiran dan lain-lain yg berkualitas dan memiliki daya tarik yg tinggi.

    BalasHapus
  32. Nama : Ni Putu Sinta kirana Dewi
    No : 27
    Kelas : XI IPS 2
    Mapel : Geografi

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

    Manfaat Ekonomi Kreatif

    - Menciptakan lapangan kerja baru
    - Membuat masyarakat menjadi lebih kreatif
    - Mengurangi angka pengangguran
    - Meningkatkan inovasi di berbagai bidang
    - Menciptakan kompetisi bisnis yang lebih sehat

    Contoh Ekonomi Kreatif

    Pasar Barang Seni

    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.
    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  33. Nama : NI KETUT RATIH SANTI PRATIWI
    KELAS : XI IPS 4
    NO : 28

    JAWABAN :

    Ekonomi Kreatif sebenarnya adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas, yang mana pembangunan berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Dengan kata lain, ekonomi kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara maju dan juga menawarkan peluang yang sama untuk negara-negara berkembang. Konsep Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.


    Pada masaa Pandemi Covid-19 membuat gaya hidup orang berubah. Banyak orang bekerja dan belajar dari rumah. Situasi ini membuat sejumlah sudut rumah digunakan sebagai lokasi bekerja atau lokasi belajar.

    Gaya hidup ini bisa menjadi peluang membangun bisnis desain interior dengan tawaran merancang ruang kerja dan ruang belajar yang nyaman di rumah. Ide ini terdengar sepele, tetapi perubahan gaya hidup sesungguhnya mendorong penciptaan kebutuhan yang berbeda dari sebelumnya.

    Untuk memulai usaha desain interior, perlu tenaga dan logistik. Dari segi tenaga, bisnis ini membutuhkan setidaknya dua orang. Satu bekerja sebagai desainer, sedangkan yang lain sebagai kontraktor.

    Di sisi logistik, kita perlu memiliki sebuah laptop untuk mengerjakan desain, software desain interior, serta workshop. Jika belum punya dana yang cukup untuk membeli software profesional, Anda bisa mencoba software gratis seperti Google Sketchup.

    Dan, bila belum mampu mengontrak sebuah studio, kitabisa saja menggunakan sebuah garasi atau ruko kecil sebagai tempat pengerjaan proyek

    BalasHapus
  34. Nama: Ni Made Catriani
    No :32
    Kls : Xl ips 2


    Ekonomi kreatif merupakan proses penciptaan, kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa

    Jadi rencana pengembangan budaya lewat ekonomi keretif bedasarkan ide saya adalah seni rupa murni atau (fine art),dimana orang bisa memasukan konsep ekonomi kreatif dalam seni rupa murni.

    Walaupun di bali seni rupa murni belum bisa di produksi dalam jumlah banyak.tetapi itu bukan penghalang bagi para seniman ekonomi kereatif
    di sini lah yang sangat di perlukan sumber daya manusia agar memiliki ide untuk membuat seni rupa murni seperti patung,lukisan,ukiran dan lain-lain yg berkualitas dan memiliki daya tarik yg tinggi.

    BalasHapus
  35. Nama : I Wayan Surya widiana
    No. : 19
    Kelas : XI IPS 1

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah (Arsitektur) Industri kreatif juga dapat diterapkan dalam bidang pembangunan atau arsitektur. Hal ini tentu saja banyak diminati oleh milenial yang ingin mempunyai konsep rumah hunian yang unik. Hal ini juga tidak untuk membangun rumah saja, dalam industri kreatif ini bisa dimasukkan dalam semua bidang terkait arsitektur lainnya seperti pembangunan taman kota, kegiatan teknik sipil, dan sebagainnya.

    BalasHapus
  36. Nama : NI putu wulandari
    NO : 33
    kelas:XI IPS2

    JAWABAN :

    Ekonomi Kreatif sebenarnya adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas, yang mana pembangunan berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Dengan kata lain, ekonomi kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara maju dan juga menawarkan peluang yang sama untuk negara-negara berkembang. Konsep Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.


    Pada masaa Pandemi Covid-19 membuat gaya hidup orang berubah. Banyak orang bekerja dan belajar dari rumah. Situasi ini membuat sejumlah sudut rumah digunakan sebagai lokasi bekerja atau lokasi belajar.

    Gaya hidup ini bisa menjadi peluang membangun bisnis desain interior dengan tawaran merancang ruang kerja dan ruang belajar yang nyaman di rumah. Ide ini terdengar sepele, tetapi perubahan gaya hidup sesungguhnya mendorong penciptaan kebutuhan yang berbeda dari sebelumnya.

    Untuk memulai usaha desain interior, perlu tenaga dan logistik. Dari segi tenaga, bisnis ini membutuhkan setidaknya dua orang. Satu bekerja sebagai desainer, sedangkan yang lain sebagai kontraktor.

    Di sisi logistik, kita perlu memiliki sebuah laptop untuk mengerjakan desain, software desain interior, serta workshop. Jika belum punya dana yang cukup untuk membeli software profesional, Anda bisa mencoba software gratis seperti Google Sketchup.

    Dan, bila belum mampu mengontrak sebuah studio, kitabisa saja menggunakan sebuah garasi atau ruko kecil sebagai tempat pengerjaan proyek

    BalasHapus
  37. Nama : I made devangga reswara putra
    no : 16
    kls : xi ips 1

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah membuat cenel you tube dengan membuat cenel tentang kesenian bali dan teradisi teradisi di bali

    BalasHapus
  38. Nama : Ni Made Galuh Dwi Amarawati
    No. : 23
    Kelas. : XI ips 3
    Mapel : Geografi

    *Jawaban*

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  39. Nama : Sri Padmasanthi Dewi
    No. : 31
    Kelas. : XI ips 3
    Mapel : Geografi

    Jawab:
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  40. Nama : Ni Komang Widiawati
    Nomor: 23
    Kelas : Xl IPS 1
    Jawaban:

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  41. Nama : IMD Dwi Wisnuyaksa
    no : 17
    kls : xi ips 1

    ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah membuat cenel you tube dengan membuat cenel tentang kesenian bali dan teradisi teradisi di bali

    BalasHapus
  42. Nama : Ni Putu Ayu Satyaningsih
    Nomor : 26
    Kelas : Xl IPS 1

    Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berfokus pada berbagai pengembangan, berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama dalam pergerakan suatu ekonomi.
    Sistem ini mengandalkan kreativitas dan ide dari sumber daya manusia sebagai poin utama dalam suatu kegiatan ekonomi

    pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah kuliner.
    Jika dulu kuliner hanya berkutat di warung makan dengan menu yang itu-itu saja. Kini, kuliner juga mengikuti perkembangan zaman. Banyak inovasi baru dari masakan lama. Hal itu membuktikan bahwa kuliner sangat memerlukan ide ide kreatif dari pelaku Misalnya, makanan khas Indonesia yang hanya dikenal di Indonesia tetapi dengan ide kreatif seperti manamainya dengan unik dan penyajian yang simpel bisa membuat makan itu lebih menarik dan bisa go internasional tetapi tetap menjaga keaslian rasa kuliner Nusantara

    Selain makanan, minuman juga bisa kita kreasikan dengan ide ide kreatif seperti, kuliner kopi kekinian yang sekarang kian merebak. Ini menunjukkan jika ekonomi di bidang kuliner tidak hanya berkutat di makanan, tetapi juga ke minuman khas yang dicintai anak muda.

    Jika kita tidak punya ilmu untuk menjalankan bisnis, kita bisa memilih menjadi investor, kita bisa mendanai para pelaku ekonomi kreatif kecil agar semakin maju dan bisa mengembangkan bisnisnya.

    Bukan hanya kesempatan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun, tetapi juga berkesempatan untuk menyejahterakan masyarakat.

    BalasHapus
  43. Nama : NI NENGAH SULIASTI
    No :24
    Kls: XI IPS 3

    Jawaban:

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  44. Nama : Ni Kadek Junuasih
    No. : 20
    Kelas. : x1ips 3


    Jawab:
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  45. Nama: Anak Agung Istri Anom Indah Paramitha
    No: 01
    Kls: XI IPS1

    Jawaban:
    Ekonomi kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting bagi negara-negara berkembang dan merupakan sebuah konsep ekonomi diera ekonomi baru yang menginvestasikan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia

    Rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya adalah "kuliner"

    Di zaman seperti ini banyakk pedagang pedagang kuliner yang sudah mulai memunculkan kreativitasnya seperti contohnya dari segi penyajiannya yaitu seperti makanan tradisional bali laklak pada umumnya makanan tersebut biasanya diberi topping gula yang sudah dicairkan tapii menurut ide saya kita ubah topping laklak tersebut supaya menarik kemauan khalayak ramai untuk membeli kuliner kita

    BalasHapus
  46. Nama : Ni Kadek Ari Sudiartini
    No : 19
    Kelas : XI IPS 3


    *Jawaban*

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.
    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.
    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.
    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  47. Nama : Ni Putu Novi Ekayanti
    No. :27
    Kelas. : XI IPS3

    Jawab:
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  48. Nama: Ni Putu Kartika Dewi
    No: 26
    Kls: XI Ips3

    Jawab:
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  49. Nama : I Gede Fadli Juniantara
    No : 6
    Kls : XI ips 2

    Jawab

    pengertian ekonomi kreatif (creative economy) adalah suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengedepankan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia, sebagai faktor produksi yang paling utama.
    ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.


    Jadi, pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia.

    Pertumbuhan sektor ekonomi ini juga menanjak cukup tinggi lho, sekitar 5,76%. Artinya, ia berada di atas pertumbuhan sektor listrik, gas dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, jasa-jasa dan industri pengolahan

    BalasHapus
  50. Nama: Ni Putu Aryanti
    No: 25
    Kelas: XI IPS 1

    Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berfokus pada berbagai pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama dalam pergerakan suatu ekonomi. Sistem ini mengandalkan kreativitas dan ide dari sumber daya manusia sebagai poin utama dalam suatu kegiatan ekonomi.

    Rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya yaitu Kerajinan (Craft)

    Kerajinan merupakan salah satu sektor perekonomian yang bersifat kreatif. Karya seni ini merupakan hasil karya dari para pengrajin yang berharap dapat menjalankan perekonomiannya. Apabila kualitas kerajinan yang diproduksi sangat baik, maka akan berdampak baik dalam perekonomian.

    Contoh kerajinan yang dapat diproduksi dalam konsep ekonomi ini yaitu kerajinan tanah liat, kerajinan batu, kerajinan kayu, kerajinan barang bekas dan kerajinan tangan lainnya.

    BalasHapus
  51. Nama : Ni Luh Komang Tri Nita Widnyani
    No : 22
    Kelas : XI Ips 3

    Jawaban :
    Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah seni lukis. Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti wayang khas kamasan. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  52. Nama: Ni Kadek Widiantari
    No: 28
    Kelas: XI IPS 2

    Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berfokus pada berbagai pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama dalam pergerakan suatu ekonomi. Sistem ini mengandalkan kreativitas dan ide dari sumber daya manusia sebagai poin utama dalam suatu kegiatan ekonomi.

    Rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya yaitu Kerajinan (Craft)

    Kerajinan merupakan salah satu sektor perekonomian yang bersifat kreatif. Karya seni ini merupakan hasil karya dari para pengrajin yang berharap dapat menjalankan perekonomiannya. Apabila kualitas kerajinan yang diproduksi sangat baik, maka akan berdampak baik dalam perekonomian.

    Contoh kerajinan yang dapat diproduksi dalam konsep ekonomi ini yaitu kerajinan tanah liat, kerajinan batu, kerajinan kayu, kerajinan barang bekas dan kerajinan tangan lainnya.

    BalasHapus
  53. 31 Maret 2022 21.49
    Nama :I Komang Agus Pradnyana
    No. : 04
    Kelas. : XI ips 3
    Mapel : Geografi

    *Jawaban*

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni

    BalasHapus
  54. Nama : Putu Duta Pradipta Saputra
    Nomor : 31
    Kelas : XI IPS 1

    Rencana saya untuk pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif yaitu di bidang kuliner.

    Berbicara tentang kuliner di Indonesia memang tak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke jumlah kuliner yang ada sangatlah banyak, sehingga banyak yang dapat dikembangkan melalui ekonomi kreatif yang dapat memperkenalkan lebih jauh lagi kuliner Indonesia kepada dunia. Dan membuka lapangan pekerjaan. Nah, hal tersebutlah yang membuat saya semangat untuk mengembangkan/berkreasi di bidang kuliner.
    Kuliner yang akan saya kembangkan terlebih dahulu yaitu lawar Bali, yang memiliki cita rasa yang nikmat. Lawar Bali pun memiliki berbagai jenis seperti :
    - Lawar celeng (Lawar Babi)
    - Lawar ayam
    - Lawar putih
    - Lawar bungkil
    - Lawar merah
    Dan masih banyak lagi jenis lawar yang lainnya. Sehingga membuat lawar sangat potensial untuk dikembangkan. Rencananya kalau bisa lawar dibuat prozen atau lawar beku yang tinggal dipanaskan sebelum memakanya. Sehingga jika ingin memakan lawar Bali menjadi lebih praktis.

    BalasHapus
  55. Nama : Ni Putu Indah Wulandari
    Nomor: 27
    Kelas : Xl IPS 1

    Jawaban:

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  56. Nama: NI LUH GD.PUSPITAWATI
    No : 30
    Kls : XI ips2


    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

    Buktinya pertumbuhan sektor ekonomi ini sudah meningkat hingga 5,76% dibandingkan sektor pertambangan dan penggalian, listrik, pertanian, dan sektor lainnya. Jika terus begini sektor perekonomian di Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan akhirnya mendunia.

    Manfaat Ekonomi Kreatif
    Setelah membahas pengertian ekonomi kreatif dan contoh usahanya selanjutnya ada manfaat dari ekonomi kreatif. Berikut adalah manfaatnya.

    1. Menciptakan lapangan kerja baru
    2. Membuat masyarakat menjadi lebih kreatif
    3. Mengurangi angka pengangguran
    4. Meningkatkan inovasi di berbagai bidang
    5. Menciptakan kompetisi bisnis yang lebih sehat

    BalasHapus
  57. Nama : i ketut alit januata
    No : 09
    Kls : XI ips 1

    Jawaban:

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  58. Nama : I Kadek Dede Rio adiartha
    No. : 07
    Kelas : XI IPS 2

    Jawaban.


    *Produk kerajinan dan seni*

    Bagi kalangan siswi yang suka membuat kerajinan tangan atau produk-produk kreatif bernilai seni juga sangat cocok untuk difasilitasi dalam bisnis produk kerajinan dan seni. Pembuatan produk kerajinan ini bisa bekerjasama dengan pihak masyarakat maupun masyarakat setempat. Produk unggulan bisa menjadi nilai jual yang menghasilkan secara ekonomis.

    BalasHapus
  59. Nama : Ni Putu Risnayanti
    No : 29
    Kelas : XI IPS 1

    Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berfokus pada berbagai pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama dalam pergerakan suatu ekonomi. Sistem ini mengandalkan kreativitas dan ide dari sumber daya manusia sebagai poin utama dalam suatu kegiatan ekonomi.

    Rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya yaitu fashion

    Tren fashion senantiasa berubah dengan cepat. Dalam hitungan bulan, selalu muncul mode fashion baru. Ini tak lepas dari produktivitas para desainer fashion lokal yang inovatif merancang baju-baju model baru, dan munculnya generasi muda kreatif yang antusias dengan industri fashion ini. Masyarakat sebagai pasar pun juga semakin cerdas dan berselera tinggi dalam memilih fashion.

    BalasHapus
  60. Nama : i made trisna dharma prasetya
    No : 10
    Kls : IX ips³

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.

    Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian

    Pasar Barang Seni
    Hal ini tentu saja sangat membutuhkan konsep ekonomi kreatif di dalamnya. Karena seni memang berhubungan erat dengan ide kreatif dan inovatif.

    Semua seni membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan, hingga musik. Para seniman bisa menambahkan konsep ekonomi kreatif ini ke dalam kehidupan seni mereka. Hal ini bisa dilakukan untuk melakukan lelang atau pameran seni.

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Nama:Ni Putu Suari
    No:28
    Kls:Xl IPS³
    Jawaban:
    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus
  63. Nama : I KETUT SUDIARTANA
    No : 11
    Kls : XI ips 1

    Jawaban:

    Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Jadi rencana pengembangan kebudayaan lewat ekonomi kreatif berdasarkan ide saya sendiri adalah Periklanan
    Dalam membuat sebuah iklan tentu dibutuhkan orang yang memiliki ide ide kreatif, tujuannya agar iklan tersebut dapat menarik perhatian calon konsumen.
    Para pelaku ekonomi kreatif ini dapat menjadikan iklan sebagai ajang untuk menawarkan jasanya dalam membuat iklan. Dalam pembuatan iklan ini juga bukan hanya memuat ide kreatif saja, melainkan juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat.
    Periklanan ini dapat Anda lakukan melalui media elektronik seperti radio, smartphone, televisi dan media cetak pada surat kabar dan majalah.
    Selain itu dengan memasukkan konsep ekonomi ini ke dalam periklanan dapat dipastikan jika iklan yang dihasilkan akan terlihat lebih berbeda dan pastinya akan lebih menarik juga.

    BalasHapus